ANALISIS PENGARUH KUALITAS SYSTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN MODEL DELONE DAN MCLEANE 2003 PADA SIASI IBII

Authors

  • Joko Susilo Teknik Informatika Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Abstract

IBII merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Jakarta. IBII senantiasi berkeinginan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya, untuk itu dibangunlah suatu sistem komputerisasi yang diberi nama SIASI. Pengukuran terhadap siasi ini menggunakan model DeLone dan McLEane 2003. Model ini mengukur dan mencari hubungan antar variabel . Variabel yang terdapat dala model ini adalah Kualitas sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Intensitas Pengguna, Kepuasan Pengguna dan manfaat bersih. Dari variabel tersebut Bagaimanakah pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan berpengaruh terhadap Kepuasan   pengguna?, atau secara sendiri sendiri variabel tersebut berpengaruh terhadap Kepuasan  pengguna. Model DeLone dan McLeane mengalami perkembangan, dari model DeLone dan McLeane 1992 hingga Model DeLone dan McLeane 2003. Variabel model DeLone dan McLeane 1992 terdiri dari kualitas sistem, kualitas informasi, pengguna, kepuasan pengguna, dampak individu dan dampak organisasi. Sedangkan untuk model DeLone dan McLeane 2003 adalah hampir sama dengan model DeLone dan McLeane 1992 hanya ada penambahan kualitas layanan dan Net Benefit sebagai gabungan dari dampak individu dan dampak organisasi. Metode yang digunakan untuk mengukur pengaruh  antar variabel Kualitas system, kualitas informasi, kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna dalam model DeLone dan McLeane adalah dengan menggunakan Regresi Berganda. Untuk pengolahan datanya menggunakan SPSS 17.0 . Dari hasil pembahasan maka diketahui bahwa kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan memiliki pengaru terhadap kepuasan pengguna.  Secara sendiri sendiri kualitas sistem tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Akan tetapi kualitas informasi dan kualitas layanan  berpengaruh kepada kepuasan  pengguna.

Author Biography

Joko Susilo, Teknik Informatika Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Program Studi Teknik Informatika

Published

2013-01-01