PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PURWARUPA INTERNET OF THINGS (IOT) PEMANTAUAN KELEMBABAN TANAH UNTUK SISTEM PENGAIRAN MULTISUMBER

Authors

  • Budi Berlinton Sitorus Teknik Informatika Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Abstract

Internet of Things merupakan konsep dan metode untuk kontrol jarak jauh, monitoring, pengiriman data, dan berbagai tugas lainnya. IoT terhubung dengan suatu jaringan sehingga dapat di akses dimana saja sehingga dapat mempermudah berbagai hal. IoT dapat dimanfaatkan di berbagai bidang, salah satunya adalah bidang agrikultur. Pada bidang ini IoT dapat digunakan untuk mengatur berbagai hal untuk menunjang pertamanan. Tidak jarang sebuah rumah memiliki sumber air tidak hanya satu, dan biasanya hanya satu sumber yang digunakan untuk melakukan penyiraman. Pemilik kebun atau tanah menyiram tanaman satu persatu hanya menggunakan satu sumber air   dan proses penyiraman dapat tidak merata karena hanya berdasarkan pengamatan penyiram saja . Hal ini tidak efisien sehingga dapat menurunkan hasil. 

Pada penelitian ini akan dibuat purwarupa peralatan yang digunakan untuk irigasi yang berasal dari multisumber air berbasis IOT. Alat ini akan dilengkapi beberapa sensor yaitu sensor tanah dan sensor air. Peralatan ini diharapkan dapat membantu pemilik kebun atau tanaman untuk melakukan penyiraman otomatis dan akurat berdasarkan kadar air pada tanah.

 

Keywords: IoT, Remote quadcopter, Arduino

Downloads

Published

2020-06-15