EFEKTIVITAS PROGRAM SIARAN KONSELING DI RADIO TRIJAYA BAGI MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA

Article Sidebar

Published: Nov 3, 2013

Main Article Content

Authors

Wiratri Anindhita
Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Issue
Vol. 1 No. 2 (2013): Jurnal Komunikasi dan Bisnis

Section
Articles

Author Biography

Wiratri Anindhita, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Program Studi Ilmu Komunikasi

Article Details

How to Cite
Anindhita, W. (2013). EFEKTIVITAS PROGRAM SIARAN KONSELING DI RADIO TRIJAYA BAGI MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 1(2). Retrieved from https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JKB/article/view/133

Abstract

Program  siaran  Konseling  di  radio  Trijaya  Yogyakarta  merupakan  program  yang bertujuan untuk membantu masyarakat memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan bidang  psikologi. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui dan mengukur efektivitas program siaran Konseling di radio Trijaya di kalangan pendengar aktif dan pendengar pasif di kota Yogyakarta; dan (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas program tersebut.  Metode dasar penelitian ini mix method, yaitu perpaduan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian ditentukan dengan metode stratified random  sampling  dengan  masing-masing  31 sampel  pendengar  aktif  dan  pendengar  pasif. pendekatan  kualitatif  dilakukan  dengan  wawancara  mendalam  dan  FGD  terhadap  lima  key informan.  Hasil  penelitian   menunjukkan  bahwa  program  siaran  Konseling  efektif  untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman  pendengar aktif maupun pasif untuk menghadapi dan memecahkan masalah kehidupan di kalangan masyarakat.  Pendengar aktif menilai bahwa program ini lebih efektif dibanding pendengar pasif. Efektivitas program dapat ditingkatkan dengan memperbaiki kualitas materi siaran dan kualitas penyiar. 
Kata kunci: efektivitas, program siaran Konseling, pendengar aktif dan pasif.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.