PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI LAYANAN WARGA TINGKAT RUKUN TETANGGA (RT) STUDI KASUS : KELURAHAN WARAKAS, TANJUNG PRIOK

Authors

  • Vina Margiyani
  • Budi Wasito IBIKKG

Abstract

Rukun Tetangga atau RT setiap hari banyak melakukan proses adminstrasi warga untuk kebutuhan mereka masing-masing, namun di rukun tetangga Kelurahan Warakas, Tanjung Priok masih menggunakan pencatatan pada buku besar dan penulisan surat pengantarnya masih menggunakan tulis tangan manual, sehingga pelayanan kurang apabila warga yang ingin mengurus surat-surat terlampau banyak. Penelitian ini sudah dilakukan dengan menggunakan Waterfall Model, karena memiliki langkah-langkah yang jelas. Setiap langkah harus dikerjakan secara satu-satu, setelah itu bisa masuk langkah berikutnya sehingga hasil dari program yang dibuat memiliki hasil yang maksimal karena semua proses dilakukan secara fokus. Pengumpulan data, dimana penulis mengumpulkan data melalui wawancara terstruktur, observasi tidak langsung, dan studi pustaka yang penulis lakukan dengan mencari segala hal yang terkait dengan perancangan sistem layanan ini. Sistem ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan basis data MySQL untuk penyimpanan datanya guna meningkatkan layanan warga tingkat RT Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, khususnya Ketua RT yang sebelumnya sempat mengalami masalah dalam pembukuan dan juga surat pengantar. Sistem layanan warga ini dapat meningkatkan layanan publik, juga dapat mempercepat proses data administrasi layanan publik dan dapat memperoleh informasi secara cepat dari Ketua RT.

 

 

Kata Kunci: Sistem Layanan Warga, Layanan Publik, Tingkat RT, Waterfall Model.

 

Downloads

Published

2021-12-15