PENGARUH STRUKTUR DEWAN DIREKSI DAN KEPEMILIKAN KELUARGA TERHADAP KUALITAS LABA DAN KINERJA PERUSAHAAN

Article Sidebar

Published: Dec 5, 2018

Main Article Content

Authors

Retno, Vidyata Indri Masripah, Yuliati, Annisa
Bisnis dan Informatika kwik Kian Gie

Issue
Vol. 4 No. 2 (2015): Jurnal Akuntansi, Vol. 4 No. 2, Edisi Agustus 2015

Section
Articles

Author Biography

Retno, Vidyata Indri Masripah, Yuliati, Annisa, Bisnis dan Informatika kwik Kian Gie

Program Studi Akuntansi

Article Details

How to Cite
Masripah, Yuliati, Annisa, R. V. I. (2018). PENGARUH STRUKTUR DEWAN DIREKSI DAN KEPEMILIKAN KELUARGA TERHADAP KUALITAS LABA DAN KINERJA PERUSAHAAN. Jurnal Akuntansi, 4(2). Retrieved from https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JA/article/view/403

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menentukan apakah efek dewan direksi dari two-tier board system (yang terdiri dari ukuran dewan direksi, adanya direktur independen atau tidak, dan apakah terdapat dualisme CEO) serta struktur kepemilikan keluarga memiliki pengaruh terhadap kualitas laba dan kinerja perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil pengujian penelitian ini terhadap sampel perusahaan manufaktur dari tahun 2011 sampai tahun 2012 yang berjumlah 186 tahun perusahaan menunjukkan bahwa proporsi dewan direksi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laba dan kinerja perusahaan. Hasil uji lainnya menemukan bahwa direktur independen berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas laba dan kinerja perusahaan. Variabel CEO duality terhadap kinerja perusahaan dan kualitas laba menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa kepemilikan keluarga berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas laba dan kinerja perusahaan.

 

Kata Kunci : Ukuran Dewan Direksi, Keberadaan Direktur Independen, Dualisme CEO, Kepemilikan Keluarga, Kualitas Laba, Dan Kinerja Perusahaan.