PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SURVEI KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS WEB

Main Article Content

Ricky Adiputra
Humdiana Humdiana

Abstract

Setiap lembaga pendidikan memiliki standar yang berbeda – beda dalam pembelajaran. Salah satu metode untuk mengetahui kekurangannya adalah dengan metode survei kepuasan pelanggan. Di Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie sudah menerapkan survei kepuasan pelanggan. Namun, kegiatannya masih manual dengan mengisi melalui kertas formulir. Data yang diperoleh juga tidak lengkap karena hanya beberapa mahasiswa yang mengisi. Teori yang dicari dan dipelajari berkaitan dengan survei dan bentuk pertanyaan dari survei kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Waterfall. Desain dari sistem yang dibuat antara lain use case, activity diagram, class diagram, rancangan antarmuka, dan implementasi. Hasil dari penelitian ini adalah sistem survei kepuasan pelanggan yang nantinya setiap pengguna dapat membuat survei kepuasan pelanggan sendiri dan dapat disebarluaskan melalui link atau scan QR code. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem survei kepuasan pelanggan dapat memudahkan setiap divisi dalam menyebarkan survei kepuasan pelanggan melalui link atau scan QR Code. Selain itu, responden nantinya dapat mengisi formulir secara online, baik melalui link atau scan QR Code.


Kata Kunci : Sistem Survei Kepuasan Pelanggan, QR Code, Survei Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Adiputra, R., & Humdiana, H. (2022). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SURVEI KEPUASAN PELANGGAN BERBASIS WEB. Jurnal Informatika Dan Bisnis, 11(1), 27–37. https://doi.org/10.46806/jib.v11i1.880
Section
Articles
Author Biography

Humdiana Humdiana, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie