Vol. 7 No. 1 (2019): May
Articles

KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM KAMPANYE ANTI-KEKERASAN SEKSUAL OLEH KOMUNITAS LENTERA SINTAS INDONESIA

Published 2019-12-30

How to Cite

Maliki, D. N., & Susanti, S. (2019). KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM KAMPANYE ANTI-KEKERASAN SEKSUAL OLEH KOMUNITAS LENTERA SINTAS INDONESIA. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 7(1). Retrieved from https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JKB/article/view/612

Abstract

The number of cases of sexual violence that took place in this community environment was apparently unable to move the community to speak out. This condition makes early sexual education very necessary to increase the awareness of all parties to start a culture of reporting when experiencing or finding cases of sexual violence. The anti-sexual violence campaign that will be examined in this study is about the #MulaiBicara campaign formed by the Lentera Sintas Indonesia community. In this study, researchers will look at how the implementation of 10 persuasive communication techniques by William S. Howell. Data collection techniques using in-depth interviews and documentation. Data analysis was performed using the Miles and Huberman models. The researcher found that all of William S. Howell's persuasive communication techniques were implemented in the #Starting Talk campaign. William S. Howell's persuasive communication technique that is always carried out is the technique of the yes-response technique, the stimulated disinterest technique, and the technique of irritation. The researcher also found a dominant persuasive communication technique, where the implementation was carried out in a different way in the #MulaiBicara campaign, namely the reassurance technique.


Keywords: Persuasive Communication, Campaign, Sexual Violence

Downloads

Download data is not yet available.

References

  1. (1) Buku Teks
  2. Afrizal. (2016), Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu, Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Devito, Joseph A. (2011), Komunikasi Antarmanusia, Tangerang Selatan: KARISMA Publishing Group.
  4. Fakih, Mansour. (2016), Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: INSISTPress.
  5. Kriyantono, Rachmat. (2012), Teknis Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.
  6. Perloff, Richard M. (2017), The Dynamics of Persuasion: Communication and Attitudes in the 21st Century, 6th Edition, New York: Routledge.
  7. Ruslan, Rosady. (2008), Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Edisi 6, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  8. ____________ . (2008), Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers.
  9. Soemirat, Soleh dan Suryana, Asep. (2018), Komunikasi Persuasif, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  10. Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
  11. Venus, Antar. (2009), Manajemen Kampanye, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
  12. Yantzi, Mark. (2009), Kekerasan Seksual dan Pemulihan: Pemulihan bagi Korban, Pelaku, dan Masyarakat, Jakarta: Gunung Mulia.
  13. (2) Artikel / Makalah
  14. Komnas Perempuan. (2018), “Lembar Fakta dan Poin Kunci Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan Tahun 2018: Tergerusnya Ruang Aman Perempuan dalam Pusaran Politik Populismeâ€, Laporan diterbitkan dalam memperingati Hari Perempuan Sedunia pada tanggal 8 Maret 2018.
  15. _________________. (2018), “Tergerusnya Ruang Aman Perempuan dalam Pusaran Politik Populisme, Catatan Kekerasan Terhadap Perempuan Tahun 2017â€, Laporan diterbitkan dalam memperingati Hari Perempuan Sedunia pada tanggal 8 Maret 2018.
  16. _________________. (2018), “Siaran Pers Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan 2018: Tergerusnya Ruang Aman Perempuan dalam Pusaran Politik Populismeâ€, Laporan diterbitkan dalam memperingati Hari Perempuan Sedunia pada tanggal 8 Maret 2018.
  17. (3) Sumber dari Internet
  18. Amiruddin, Mariana 2018, Ayo Menjadi Bagian dari Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (25 Nov-10 Desember), Komnas Perempuan, diakses 12 November 2018, https://www.komnasperempuan.go.id/read-news-ayo-menjadi-bagian-dari-kampanye-16-hari-anti-kekerasan-terhadap-perempuan-25-nov-10-desember
  19. Asmarani, Devi 2016, 93 Persen Penyintas Tak Laporkan Pemerkosaan yang Dialami: Survei, Magdalene, diakses 18 Oktober 2018, https://magdalene.co/news-871-93-persen-penyintas-tak-laporkan-pemerkosaan-yang-dialami-survei-.html
  20. Change.org 2016, Hasil Survey Kekerasan Seksual di Indonesia, diakses 18 Oktober 2018, https://www.change.org/l/id/changeorg-indonesia-changeorg-blog
  21. Danoekoesoemo, Wulan 2016, Untuk Perempuan: Lentera Sintas Indonesia Dorong Penyintas #MulaiBicara, JawaposTV, diakses 18 Oktober 2018, https://www.youtube.com/watch?v=NAidj185e-8
  22. Datumanaek 2018, Kekerasan Seksual pada Perempuan, Salah Siapa?, IDN Times, diakses 12 November 2018, https://www.idntimes.com/opinion/social/priscilla-6/opini-kekerasan-seksual-pada-perempuan-salah-siapa-c1c2/full
  23. Dzakwan, Sigit 2018, Pelecehan Seksual, Kepala SMAN 1 Pangkalan Bun Mengundurkan Diri, Sindonews 2018, diakses 12 November 2018, https://daerah.sindonews.com/read/1353894/174/pelecehan-seksual-kepala-sman-1 pangkalan-bun-mengundurkan-diri-1542001771
  24. Heru 2017, Komunikasi Persuasif – Pengertian, Bentuk, Unsur, Tujuan, dan Penjelasannya, Pakar Komunikasi, diakses 25 Oktober 2018, https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-persuasif
  25. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 2017, Statistik Gender Tematik-Mengakhiri Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Indonesia, diakses 19 November 2018, https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/71ad6-buku-ktpa-meneg-pp-2017.pdf
  26. Portal Garuda, Pelecehan Seksual: Maskulinisasi Identitas pada Mahasiswi Jurusan Teknik Elektro UNDIP, diakses 25 Oktober 2018, http://download.portalgaruda.org/article.php?article=73248&val=4687
  27. Priherdityo, Endro 2016, Pelecehan Seksual Verbal Dianggap Lumrah di Indonesia, CNN Indonesia, diakses 12 November 2018, https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160722103508-277-146296/pelecehan-seksual-verbal-dianggap-lumrah-di-indonesia
  28. Prihandhini 2018, Women’s March Jakarta 2018 Dorong Pemerintah Hapuskan Kekerasan Berbasis Gender, Womantalk, diakses 12 November 2018, https://womantalk.com/world/articles/womens-march-jakarta-2018-dorong-pemerintah-hapuskan-kekerasan-berbasis-gender-yk8eZ
  29. Suryani, Bhekti 2018, Mahasiswi UGM Korban Kekerasan Seksual Datang ke Rifka Annisa dalam Kondisi Depresi, Harianjogja.com, diakses 12 November 2018,http://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2018/11/08/510/951437/mahasiswi-ugm-korban-kekerasan-seksual-datang-ke-rifka-annisa-dalam-kondisi-depresi
  30. Taufiqqurahman, Muhammad 2018, Perempuan Difabel yang Diperkosa Dijual Rp 400 Ribu, Detik News, diakses 27 November 2018, https://news.detik.com/berita/d-4317640/perempuan-difabel-yang-diperkosa-dijual-rp-400-ribu
  31. (4) Penelitian, Tesis, Disertasi
  32. Ayuningtiyas, Alfin (2017), Tesis: Implementasi Kampanye He for She dalam Menyikapi Kekerasan Seksual dan Dampaknya Terhadap Perubahan Pola Pikir Perempuan dan Laki-laki Meksiko, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah, Malang.
  33. Prayoga, Thoma (2016), Penelitian: Perancangan Kampanye Digital Anti Kekerasan Seksual Anak, Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.
  34. Putri, Virga Lukmana (2017), Tesis: Implementasi Program Kampanye Anti Kekerasan pada Anak di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Malang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, Malang.
  35. (5) Jurnal
  36. Setiawan, Rendy (2017), Jurnal: Strategi Komunikasi Persuasif Admin Facebook PJBO (Pekanbaru Jual Beli Online) dalam Menarik Minat Member Tersurvey di Pekanbaru, Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.
  37. Sumera, Marchelya (2013), Jurnal: Perbuatan Kekerasan atau Pelecehan Seksual terhadap Perempuan, Lex Et Societatis, Jurnal Elektronik Bagian Hukum dan Masyarakat, Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi, Manado