PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA WHATSAPP GROUP NEW WAVE INTERNATIONAL MINISTRY
Published 2019-11-30
How to Cite
Abstract
Humans as social beings communicate for various purposes, in this global era, online media is the choice for audiences when compared to other media. One of the most important communication media in Indonesia is WhatsApp with the WhatsApp group feature for group communication. The theory used is the Theory of Uses and Gratifications which examines the effect of media use. The method approach used in this study is quantitative by explanatory survey and using saturated sampling or census sampling techniques by distributing questionnaires to 113 respondents who are members of the WhatsApp group New Wave International Ministry. The influence of the motives of personal relationships has a considerable influence on the satisfaction of WhatsApp group members New Wave International Ministry, while the motives of surveillance, motives of personal identity and motives of diversity have sufficient influence on the satisfaction of WhatsApp members in the New Wave International Ministry.
Keywords: Motive, Satisfaction, WhatsApp group
Downloads
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Bungin, Burhan (2006), Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma,dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta: Kencana
- Candra, Ayu Harini, et al (2017), Psikologi Landasan Keilmuan Praktik Keperawatan Jiwa, Yogyakarta: Penerbit ANDI.
- E-Media Solusindo (2008), Membangun Komunitas Online secara Praktis dan Gratis, Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
- Ghozali, Imam (2016), Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, Edisi ke-8, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Jubilee Enterprise (2011), Rahasia Chatting Tanpa Batas, Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
- Kriyantono, Rachmat (2014), Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana.
- Liliweri, Alo (2015), Komunikasi Antarpersonal, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana
- Lister, Martin, et al (2003), New Media: A Critical introduction, London: Routledge.
- Littlejohn, Stephen W dan Karen A. Foss (2012). Teori Komunikasi: Theories of Human Communications, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika
- Morissan (2014), Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa, Jakarta: Kencana
- Mulyana, Deddy (2014), Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar.
- Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Nasrullah, Rulli (2013),
- Cybermedia, Yogyakarta: IDEA Press
- _____________ (2015), Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi, Bandung:
- Simbiosa Rekatama Media
- Nata Kusuma, L. Tri Wijaya., Debira Puspita A (2016), Pengantar Statistik Industri, Malang: UB Press.
- Noegroho, Agoeng (2010), Teknologi Komunikasi, Yogyakarta:
- Graha Ilmu
- Priyatno, Dwi. (2012), Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS, Yogyakarta: Penerbit ANDI.
- Riduwan., H. Sunarto (2009), Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis, Bandung:
- Alfabeta.
- Shelly, et al (2007), Discovering
- Computers: Menjelajah Dunia
- Komputer, Edisi 3, Jakarta: Salemba
- Infotek
- Sugiyono (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D,
- Bandung : Alfabeta
- Sulianta, Feri (2015), Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
- Sumber dari Internet
- ‘Digital in 2018: Global Overview’, 2018, We Are Social, diakses 10 Desember 2018, https://wearesocial.com/blog/2018/01/global-digital-report-2018
- ‘Fitur’ 2018, WhatsApp, diakses 2 Desember 2018,
- https://www.whatsapp.com/features
- ‘Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017’, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia
- (APJII), diakses 10 Desember 2018,
- https://apjii.or.id/survei2017
- New Wave International Ministry, 2018,
- New Wave International Ministry, diakses 30 Desember 2018, http://newwaveinternational.com
- ‘Pengertian Komunitas: Arti, Manfaat, Jenis dan Contohnya’, Maxmanroe.com, diakses 12 Desember 2018,
- https://www.maxmanroe.com/vid/sosia l/pengertian-komunitas.html
- Jurnal
- Intan Innova, Eureka (2016), Jurnal:
- Motif Dan Kepuasan Pengguna Instagram Di Komunitas Instameet Indonesia, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
- Skripsi
- Basuki, Samuel Prasetia (2018), Skripsi: Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Kepuasan Penggunaan Media Sosial Instagram pada Anggota Komunitas TSV (Timur Squad Vapers), Institut
- Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie,
- Jakarta
- Noermala, Dira (2018), Skripsi:
- WhatsApp Messenger Sebagai Media Dakwah pada Mahasiswa KPI IAIN Salatiga Tahun 2018, Institut Agama Islam Negeri, Salatiga.
- Utario, Stella (2008), Skripsi: Perbedaan Tingkat Kepuasan dalam Menggunakan Fitur Blackberry Messenger dan WhatsApp Messenger di Kalangan
- Pelajar Santo Yakobus, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta