Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Kepuasan terhadap Niat Beli Ulang Pelanggan Shopee

Main Article Content

Friesca Gracia Cung
Rita Setianingsih
Liaw Bunfa

Abstract

Terdapat berbagai komentar negatif dan ketidakpuasan pelanggan terhadap Shoope di internet. Namun, sejauh ini Shoope adalah marketplace kedua paling banyak dikunjungi di Indonesia.  Apakah kedua masalah tersebut tidak berpengaruh pada popularitas Shoope? Berangkat dari pertanyaan ini, para penulis menginvestigasi pengaruh electronic word of mouth dan kepuasan pelanggan terhadap niat beli ulang pelanggan melalui Shopee. Untuk itu, peneliti menggumpulkan data dari 116 responden yang dipilih menggunakan judgment melalui Google Form.  Pengolahan data menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa electronic word of mouth dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Cung, F. G., Setianingsih, R., & Liaw Bunfa. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Kepuasan terhadap Niat Beli Ulang Pelanggan Shopee. Jurnal Manajemen, 12(2), 52–67. https://doi.org/10.46806/jm.v12i2.979
Section
Artikel Riset

References

Ardianto, Y., Supriadi Thalib, & Dian Riskarini. (2021). Analisis Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Dilihat Dari Experiental Marketing dan Servicescape. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 4(2), 155–172. https://doi.org/10.35814/jrb.v4i2.1724

Azizah, L. N. (2021). Pendiri Shopee dan Kisah Perjalanan Karirnya. Gramedia. https://www.gramedia.com/literasi/pendiri-shopee/

Buttle, F. A. (1998). Word of mouth: Understanding and managing referral marketing. Journal of Strategic Marketing, 6(3), 241–254. https://doi.org/10.1080/096525498346658

Christie, C. N., & Mahestu N., K. (2015). Analisis Pengaruh Electronic Word-of-Mouth Dan Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Merek Smartphone Samsung Dan Iphone. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 1–15.

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. H. (2014). Business Research Methods. McGraw-Hill/Irwin.

Dihni, V. A. (2022). 10 E-commerce dengan pengunjung terbanyak kuartal I 2022. Databoks.Katadata.

Eneizan, B., Alsaad, A., Alkhawaldeh, A., Rawash, H. N., & Enaizan, O. (2020). E-WOM, trust, usefulness, ease of use, and online shopping via websites: The moderating role of online shopping experience. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 98(13), 2554–2565.

Fatihudin, D., & Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). CV. Budi Utama.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen: Sikap dan Pemasaran. CV. Budi Utama.

Ghozali, H. I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Cengage Learning.

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic wordof-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52

Hanifati, U. M., & Samiono, B. E. (2018). Analisis Pengaruh Website Quality Dan EWOM Terhadap Purchase Decision Melalui Online Trust Pada Situs Tiket Travel Dan Reservasi Hotel Online Di Indonesia (Studi Kasus Pada Traveloka.com, Tiket.com dan Pegipegi.com). Jurnal TRANSformasi, 2(1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Intan, N. (2020). Kominfo: E-Commerce Tumbuh di Atas 91 Persen Saat Pandemi. Republika.

Ishmael, & Dei, R. (2018). Effects of Service Quality and Customer Satisfaction on Repurchase Intention in Restaurants on University of Cape Coast Campus. Journal of Tourism, Heritage & Services Marketing, 4(1), 27–36. http://doi.org/10.5281/zenodo.1247542

Jumlah Pengguna E-Commerce Indonesia di Tahun 2020 Meningkat Pesat. (2020). Sirclo. https://www.sirclo.id/blog/jumlah-pengguna-e-commerce-indonesia-di-tahun-2020-meningkat-pesat/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles Of Marketing. Edisi 17 Global Edition (17th Ed.). Pearson.

Maharani, Z. (2021). Pengaruh Ewom Dan Kualitas Website Terhadap Niat Beli Ulang Pada E-Commerce Shopee.

Marina, S., Setiawati, A., & Salehati, N. A. (2020). E-Service Quality dan Repurchase Intention pada Travel Agent Online di Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 6(2), 127. https://doi.org/10.54324/j.mbtl.v6i2.524

Pasaribu, A. (2022). Riset Ipsos ungkap keunggulan produk & layanan pengiriman Tokopedia. Antaranews. https://www.antaranews.com/berita/2826941/riset-ipsos-ungkap-keunggulan-produk-layanan-pengiriman-tokopedia

Playstore. (2022). Komentar Pengguna Shopee di Play Store, diakses 1 November 2022 https://www.play.google.com

Playstore. (2022). Jumlah Unduhan Aplikasi Shopee di Google Play, diakses 16 Januari 2023 https://www.play.google.com

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. CV. Pustaka Setia.

Ratri, S. F. C., & Hidayat, A. (2021). Anteseden Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli Ulang. Telaah Bisnis, 21(1), 31. https://doi.org/10.35917/tb.v21i1.187

Riyanto, A. D. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. Andi.Link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

Şahin, A., Zehir, C., & Kitapçı, H. (2012). The effects of brand experience and service quality on repurchase intention: The role of brand relationship quality. African Journal of Business Management, 6(45), 11190–11201. https://doi.org/10.5897/ajbm11.2164

Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ONLINE BUKALAPAK.COM. Jurnal Syntax Transformation, 3(1), 96–106. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.60

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Bisnis (6th ed.). Salemba Empat.

Sihombing, I. K., & Dewi, I. S. (2019). Pemasaran dan Manajemen Pasar: Sebuah Analisis Perspektif Terhadap Minat Beli dan Kepuasan Konsumen. CV. Budi Utama.

Simamora, B. (2022). Decision, intention, expectation, willingness, and volition: Critics and comments. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 29(1), 1–15. https://doi.org/10.46806/jep.v29i1.834

Tan, H., & Brahmana, R. K. M. R. (2019). Pengaruh perceived value terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction sebagai variabel intervening pada shopee. Agora, 7(1), 1–7. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8183/0

Thamrin, A., & Francis, T. (2012). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada.

Trisnawati, Suroso., dan Kumorohadi. (2012). Analisis Faktor-faktor Kunci dari Niat Pembelian kembali secara Online (Studi Kasus pada Konsumen Fesh Shop). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). 2(5): h:126-141

Utomo, S. B. (2022). Penjualan Barang Impor di “E-Commerce” Harus Dibatasi. Koran-Jakarta. https://koran-jakarta.com/penjualan-barang-impor-di-e-commerce-harus-dibatasi?

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (McGraw-Hil).