KEPUASAN KUALITAS PELAYANAN MEMEDIASI PENGARUH PENERAPAN E-FILLING TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK Studi Empiris Wajib Pajak Orang Pribadi di Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Tahun 2020

Main Article Content

Veliska Florence
Sugi Suhartono

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara terbesar yang diandalkan oleh Indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan penerimaan perpajakan dengan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Layanan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak adalah layanan pajak secara elektronik untuk memberikan kepuasan kepada wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh apakah layanan pajak secara elektronik yang diberikan berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak dengan kepuasan kualitas pelayanan sebagai pemediasi. Sampel diambil dengan teknik non-probability sampling dengan metode judgement sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji analisis regresi, dan uji sobel untuk mengetahui pengaruh variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-Filling berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak, kepuasan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak, penerapan e-Filling berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kualitas pelayanan, penerapan e-Filling berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak melalui kepuasan kualitas pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Florence, V., & Suhartono, S. (2023). KEPUASAN KUALITAS PELAYANAN MEMEDIASI PENGARUH PENERAPAN E-FILLING TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK : Studi Empiris Wajib Pajak Orang Pribadi di Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Tahun 2020. Jurnal Akuntansi, 12(1), 23–35. https://doi.org/10.46806/ja.v12i1.913
Section
Articles
Author Biographies

Veliska Florence, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Program Studi Akuntansi

Sugi Suhartono, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Program Studi Akuntansi

References

Ajzen, Icek. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes.

Bowerman, B. L., O’Connell, R. T., & Murphree, E. S. (2017). Business Statistics In Practice Using Data, Modelling, And Analytics, Eight Edition. New York : McGraw- Hill Education.

Damayanti, Fitri, Achmad Fauzi. (2016). Pengaruh Fasilitas Drop Box, E-SPT, dan E-Filling Dalam Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Akuntabilitas, Vol. VIII No. 3, 225-237.

Desyanti, Amelia, dan Lailatul Amanda. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan Dan Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada KPP Pratama Gresik Utara. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Vol. 9 No. 4.

Devano, Sony, and Kurnia Siti Rahayu. (2006). Perpajakan: Konsep, Teori, Dan Isu. Jakarta: Kencana.

Dewi, Made Ayu Chandra. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Kerahasiaan, Tingkat Kesiapan Teknologi Informasi, Dan Kepuasan Pengguna Wajib Pajak Terhadap Intensitas Perilaku Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-Filing. JSAM (Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen) Vol. 1 No. 3, 317-368.

Ersania, Gusti Ayu Raisa, and Ni Ketut Lely Aryani Merkusiwati. (2018). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi, Vol. 22 No. 3, 1882-1908.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Kania, Putu et al. (2017). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak ( Kpp ) Pratama Singaraja. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, Vol. 7 No. 1.

Kurniabudi, Kurniabudi, & Setiawan Assegaff. (2018). Model Persepsi Penggunaan Media Sosial Pada Perkuliahan Dengan Modifikasi Task Technology Fit Dan Expectation Confirmation Theory. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi.

Pratama Putra, Dimas, dan Padriyansyah. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Media Elektronik E-Filling Dan E-Billing Terhadap Tingkat Kepuasan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Di Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang). JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol. 2 No. 22, 102-111.

Sari, Rita Ratna, dan Teguh Erawati. (2018). Pengaruh Penerapan Efiling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Menyampaikan SPT Tahunan Dengan Kepuasan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Vol. 6 No. 1, 1-10.

Satria, Eka Wibawa. (2018). Pengaruh Peran Sistem Elektronik E-Filling Terhadap Wajib Pajak Dalam Pelaporan SPT Tahunan Terhadap Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Semarang Timur). Jurnal Ilmiah Komputer Akuntansi (KOMPAK), Vol. 11 No. 1, 12–19.

Sobel, Michael E. (1982). “Asymptotic Confidence Intervals for Indirect Effects in Structural Equation Models.” Sociological Methodology.

Surjono, Welly. (2015). Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Bojonagara. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), Vol. 7 No. 2, 13-28.

Ulyani, Thropy Atika. (2016). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Atas Penerapan E-System Dan Account Representative Terhadap Kepatuhan (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kendari). Jurnal Akuntansi (JAk) Vol 1 No. 2, 40–52.

Most read articles by the same author(s)