DAMPAK PERTUMBUHAN LABA, PERSISTENSI LABA, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Main Article Content

Prima Apriwenni

Abstract

Informasi laba yang diumumkan perusahaan merupakan salah satu sumber informasi yang digunakan investor untuk pengambilan keputusan investasi dan meramalkan prospek perusahaan di masa mendatang. Pasar akan bereaksi terhadap informasi laba yang diumumkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan laba, persistensi laba, leverage, ukuran perusahaan, dan kualitas audit terhadap earnings response coefficient. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 38 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji F, uji t, dan koefisien determinasi R2. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan laba, persistensi laba, dan kualitas audit memiliki arah yang positif namun tidak berpengaruh signifikan terhadap earnings response coefficient. Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap earnings response coefficient dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap earnings response coefficient. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan terbukti bahwa pertumbuhan laba, persistensi laba, dan kualitas audit memiliki pengaruh signifikan terhadap earnings response coefficient. Sedangkan leverage dan  ukuran perusahaan tidak terbukti memiliki pengaruh terhadap earnings response coefficient.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Apriwenni, P. (2018). DAMPAK PERTUMBUHAN LABA, PERSISTENSI LABA, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 22(2). https://doi.org/10.46806/jep.v22i2.202
Section
Research Articles
Author Biography

Prima Apriwenni, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Program Studi Akuntansi