Influence of promotions, price perceptions, service quality towards customer loyalty through customer satisfaction Gojek in Jakarta

Main Article Content

Jesselin Vemberain
Abdullah Rakhman

Abstract

The evolution of technology has deeply impacted various industries, notably transportation services, facilitated by advancements like online platforms such as Gojek in Indonesia. In this research, the authors expect the direct and positive influence of promotion, price perception, and service quality on customer satisfaction and the indirect impact on customer loyalty. Questionnaires were distributed to 198 Gojek users in Jakarta. The data analysis using SPSS and WarpPLS suggests strong correlations between promotion, price perception, service quality, customer satisfaction, and customer loyalty. However, while promotion and price perception significantly affect customer loyalty, the impact on service quality is negligible. Customer Satisfaction acts as a mediator between these variables and customer loyalty. Further research can utilize additional variables because the independent variables used in this study can only explain 60% of the purchasing decision process. Other variables explain 40 % of it.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Vemberain, J., & Rakhman, A. (2024). Influence of promotions, price perceptions, service quality towards customer loyalty through customer satisfaction Gojek in Jakarta. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 31(1), 21–40. https://doi.org/10.46806/jep.v31i1.1108
Section
Research Articles

References

Adji, R. H., Supriadi, E., & Deriawan. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah bank BNI cabang London. Jurnal Ekonomi Bisinis Dan Manajemen, 4(2), 126–139. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/ekobisman/article/view/1059

Ahmaddien, I., & Widati, E. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan GO FOOD melalui variabel kepuasaan. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik Dan Niaga, 19(1), 40–45.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen GOJEK. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94

Aprileny, I., Rizki, D. K., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi kasus pelanggan Make Over Cosmetics di mall Metropolitan Bekasi). Jurnal STEI Ekonomi (JEMI), 31(01), 37–51. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1125

Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi home industri produk pakaian sablon & bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9647

Astuti, N. P., Bakri, R., & Syafira, I. F. I. (2023). Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Dimediasi Oleh Kepuasaan Nasabah. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 257–264. https://doi.org/10.35906/equili.v12i2.1603

Astuti, S. D., Sumastuti, E., & Puspitasari, H. R. U. (2023). Analisis loyalitas nasabah pengguna Brimo (Studi kasus nasabah BRI di Semarang Timur). Jurnal Kompetitif, 12(2), 165–179. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.152

Budiarti, A., & Arifin, F. N. (2021). Pengaruh promosi dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan Sakinah supermarket Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(12), 1–20. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4424

Budiono, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen di rumah makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan dimasa Pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868

Darmawan, D., & Sutrisno, R. I. (2022). Pengaruh promosi penjualan, diversifikasi produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Kewirausahaan, 2(1), 1–12.

Dewi, A. F., & Pratiwi, R. (2021). Analisis regresi logistik biner pada pengaruh harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa layanan grab di kabupaten Lamongan. Inferensi, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.12962/j27213862.v4i2.8637

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa transportasi online di kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941

Gea, M. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi (Studi kasus pada Caritas Market Gunungsitoli). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 893–899. https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33857

Ginting, E., & Widodo, A. (2023). Pengaruh promosi penjualan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan pengguna jasa JNE sebagai variabel intervening di kota Bandung era New Normal. Jurnal Proceeding of Management, 10(4), 2569–2578.

Griffin, J. (2002). Customer Loyalty : How To Earn It, How To Keep It. Jossey-Bass.

Hair, J. J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., Black, W. C., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4

Hamud, J., & Mujahidin, M. (2021). Analisis strategi bauran komunikasi pemasaran pada beberapa perusahaan di kota Palopo. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 3(2), 31–43. https://doi.org/10.24256/kharaj.v3i2.2333

Hanifa, O., Kurniawati, T., & Rahmidani, R. (2018). Pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan go-jek dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasipada mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas EkonomiUniversitas Negeri Padang, 1(4), 794–803. https://apjii.or.id/

Hariono, R., & Marlina, M. A. E. (2021). Pengaruh harga, lokasi, dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediator pada Star Motor Carwash. Performa, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.37715/jp.v6i1.1904

Harris, S. A., & Soenhadji, I. M. (2022). Pengaruh promosi, kualitas layanan, harga dan distribusi terhadap loyalitas konsumen pengguna aplikasi food delivery dengan menggunakan variabel mediasi kepuasan konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(3), 418–432. https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i3.4970

Herawati, N., & Sulistyowati, M. (2020). Strategi meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan melalui citra merek, kualitas produk dan promosi pada pelanggan smarthphone Samsung. ProBank : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 5(2), 214–226. https://doi.org/10.36587/probank.v5i2.727

Hutabarat, W. M. ., & Prabawani, B. (2020). Pengaruh experiential marketing dan sales promotion terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pelanggan Go-Ride Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 12–22. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27155

Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Indrawati, B., Wijayanti, M., & Yuniati, T. (2021). Analisis kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen yang berimplikasi pada loyalitas pelanggan GoFood di kota Bekasi. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan 15(2), 59–76. http://repository.ubharajaya.ac.id/12956/1/Jurnal%20Optimal_Pelanggan%20GoFood.pdf

Insani, N. A., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan prromosi terhadap loyalitas pelanggan GoFood di Kota Bandung. Jimea: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(3), 112–122. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/300

Juniantari, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Hendrawan, I. G. Y. (2020). Pengaruh service quality dan persepsi harga terhadap loyalitas pengguna jasa transportasi melalui kepuasan pelanggan pada Ganesa Transport. JUIMA : Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2020), 1–16.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 [Translated Version]. Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Ed. 12th Edition. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Ed. 15th Edition. Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran Edisi 13 [Translated Version]. Erlangga.

Kusuma, W., & Marlena, N. (2021). Pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi Go-Jek di kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1174–1180. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1174-1180

Mahrizal, M., & Maisur, M. (2021). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen produk wisata kuliner di kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 12(1), 66–71. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v12i1.1521

Murtiningsih, D., Usino, W., Elizabeth, & Juariyah, L. (2021). Student satisfaction as mediation variable of brand image and service quality influence on student loyalty. Ekonomi Bisnis, 26(3), 140–150. https://doi.org/10.17977/um042v26i3p140-150

Nasrul, H. W., & Zulkifli, Z. (2019). Efek harga, promosi dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Jurnal Dimensi, 8(2), 307–316. https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2161

Nurwulandari, A., & Maharani, S. (2021). Pengaruh harga, produk, distribusi dan promosi terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya pada loyalitas pelanggan pada kedai kopi Coffee 19 Café (2020). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 465–493. http://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1539

Parthady, M. I. S., & Rahyuda, I. K. (2019). Peran kepuasan pelanggan memediasi kualitas produk dan persepsi harga dengan loyalitas pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 2669. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p03

Permatasari, S. A., Prasetyo, E., & Santoso, S. I. (2021). Marketing stimulus analysis of coffee products towards costumers satisfaction and costumer loyalty (study case on kafe Semasa Semarang). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 5(3), 805–818.

Putra, R. (2021). Determinasi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan terhadap kualitas produk, citra merek dan persepsi harga (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi (JEMSI), 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461

Rachmad, Y. Z., & Djawoto. (2023). Pengaruh promosi, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(8), 1–20. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/5475

Rafidah, & Lasika, M. D. (2019). Pengaruh kepercayaan merek, kualitas pelayanan Islami dan promosi terhadap kepuasan pelanggan outlet Rabbani di kota Jambi. ILTIZAM Journal of Shariah Economic Research, 3(2), 57–77. https://doi.org/10.30631/iltizam.v3i2.535

Rahayu, S., & Syafe’i, D. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2), 2192–2207. https://doi.org/10.58413/jma.v1i1.220

Rendi, A. (2021). Pengaruh experiential marketing dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada BMT di kota Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), 21–31. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.7903

Septiani, R. (2020). The effect of e-service quality, perceived price, and sales promotion on customer loyalty trough customer satisfaction (Study on customer of online transportation service provider Gojek In Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 98–108. http://dx.doi.org/10.21831/jim.v17i2.34781

Setio, S., & Wahjudono, D. B. K. (2020). Pengaruh marketing mix terhadap kepuasan dan loyalitas customer hotel Amaris Darmo Surabaya. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 4(3), 396–420. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2020.v4.i3.4558

Sitinjak, T. J. R., & Andrew, V. (2020). Peran kepuasan pelanggan dalam memediasi pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, Dan Manajemen TRI BISNIS, 2(2), 198–217. https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/53

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2022). Metode Statistika Multivariat. Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. UB Press.

Subaebasni, S., Risnawaty, H., & Wicaksono, A. R. A. (2019). Effect of brand image, the quality and price on customer satisfaction and implications for customer loyalty PT Strait Liner Express in Jakarta. International Review of Management and Marketing, 9(1), 90–97. https://doi.org/10.32479/irmm.7440

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Surahman, Indriyatni, L., & Wahuyiningsih, S. (2022). Pengaruh promosi dan harga terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen sepeda motor Honda di Temanggung). Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 01(02), 183–189. https://doi.org/10.34152/emba.v1i2.508

Tambunan, B., & Prabowo, B. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada kartu prabayar Xl Axiata di Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 858–875. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.3761

Taris, H. S., & Purwanto, S. (2022). Analisis pengaruh promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan dengan peran mediasi kepuasan pelanggan pada layanan Go-Food di Surabaya. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 449. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.427

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). CV. Andi Offset.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik. Penerbit Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran : Esensi & Aplikasi. CV. Andi Offset.

Vincencia, M., & Ardyan, E. (2023). Analisis pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan pada toko Graha Elektronik kota Palembang yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(10), 413–420. https://doi.org/10.5281/zenodo.7988019

Wahyudi, R., & Budiarti, A. (2019). Kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas konsumen di mediasi kepuasan konsumen jasa pengiriman PT Pos Indonesia (PERSERO) di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Management, 8(9), 1–22. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2518

Wardhani, A. R., Kusnadi, E., & Tulhusnah, L. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel interveing pada café Azalea di Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(4), 807. https://doi.org/10.36841/jme.v1i4.2111

Wati, W. T., Aprileny, I., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan konsumen dan promosi terhadap loyalitas pelanggan The Media Hotel & Towers Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 17(02), 39–47. https://doi.org/10.36406/jam.v17i02.330

Widati, E., & Ahmaddien, I. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan melalui variabel kepuasaan (Studi kasus Go Food). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 2, 388–393. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.58

Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, promosi, dan harga normal terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 146–163. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i2.712

Yaqub, R. M. S., Halim, F., & Shehzad, A. (2019). Effect of service quality, price fairness, justice with service recovery and relational bonds on customer loyalty: Mediating role of customer satisfaction. Pakistan Journal of Commerce and Social Science, 13(1), 62–94.

Zeithaml, V. A. (1988). Consumer perceptions of price, quality, and value: a means-end model and synthesis of evidence. Journal of Marketing, 52(3), 2–22. https://doi.org/10.1177/002224298805200302